Sejarah Bundes Liga

Sejarah Bundes Liga – League sepak bola profesional yang ada di Jerman biasa di sebut, dengan nama Bundesliga sebagai divisi tertinggi League Jerman. Maka Bundesliga menjadi sistem pertandingan yang utama di dataran Jerman, dengan jumlah peserta yang di ikuti oleh 18 klub utama di Jerman. Untuk informasi Klasemen Bundes Liga terupdate terus pantau website ini, agar anda tidak tertinggal informasi-informasi terbaru dari Pertandingan bundes liga.

sejarah-bundesliga-awal-berdiri

Bundesliga di mulai pada bulan Agustus dan berakhir di bulan Mei, dengan menggunakan 2 sistem yaitu sistem promosi dan sistem degradasi ke 2 Bundesliga. Pada umumnya Liga ini bermain saat weekand, hanya sedikit pertandingan yang berlangsung pada weekday.

Sejak pertama kali Bundesliga mulai di bentuk, peserta dari seluruh divisi yang ikut kompetisi sebanyak 51 klub. Sementara klub yang paling banyak merasakan gelar juara adalah FC Buyern Munchen, dengan mengangkat trofi juara sebanyak 24 kali. Selain Buyern Munchen banyak lagi juara lainnya, seperti Borussia Dortmund, Hamburger SV, Borossia Monchengladbach, VfB Stuttgrat dan Werder Bremen.

Bundesliga menduduki peringkat ke-3 jajaran Liga yang paling banyak rata-rata penampilan, dengan jumlah penonton 45.134 setiap pertandingan. Selain itu melalu pertimbangan koefisien UEFA, dengan data yang terbaru. Bahkan pada musim 2011-12, Bundesliga sempat naik ke posisi ke-2 tingkat dunia dan menjadi masa kejayaannya.

Padahal struktur sepak bola profesional  yang ada di Jerman cenderung sangat lambat untuk berkembang, berbeda dengan Negara lain yang lebih cepat di Eropa. Struktur sepak bola tertinggi di Jerman ini masih banyak mengalami kendala, bahkan sistem Bundesliga ini baru dijalankan pada tahun 1963.

Selain itu Bundesliga juga memiliki beberapa stadion yang memiliki standard Internasional, yaitu Esprit Arena, Imtech Arena, Stadion Olimpiade Berlin, Mercedes-Benz Arena, Commerzbank-Arena, Veltins-Arena dan Signal Iduna Park.

Walaupun begitu perjalanan Bundesliga cukup panjang sampai seperti ini, pasalnya dahulu hanya liga amatir saja sampai di tahun 1949. Pada saat itu baru dikenalkan liga pra-profesional , yaitu juara dari regional dan runner-up melalui babak play-off sampai ke final pertandingan nasional.

Selanjutnya muncul asosiasi sepak bola DFB (Deutscher fubball Bund) tanggal 28 Februari 1900 di Leipzig, dengan jumlah anggota sebanyak 86 Klub. Maka Liga pertama kali ini di menangkan oleh Wfb Leipzig yang mengalahkan DFC Praha, dengan skor 7-2 di Altona (31 Mei 1903).

Ketika di tahun 1950 ada keinginan untuk membuat liga yang baru, sebab pemain Jerman banyak yang pergi bermain di luar Negeri. Selain itu tim nasional Jerman banyak mengalami kekalahan, saat bertanding dengan Negara lainnya. Maka pelatih nasional Sepp Herberger, menjadi promotor utama dalam membentuk Liga Utama Jerman.

Puncaknya ketika Jerman kalah dari Yugoslavia 0-1, saat bertanding di perempat final Piala Dunia FIFA 1962, Chile. Menjadi salah satu dorongan untuk membentuk Liga Utama Jerman, dengan kepemimpinan yang baru. Maka pada tanggal 28 Juli 1962 terbentuklah Bundesliga, diresmikan di kota Dortmund dan mulai pada musim 1963-64.